Pernah suatu saat, gue iseng nanya ke temen gue yang biasa bawa motor tentang kesiapannya berkendara.

‘Eh, biasanya kalo lo naek motor trus lampu lalu lintas menguning, lo akan berhenti apa terus?’

‘Ya terus, lah! males banget harus nunggu lama lagi sampe ijo.’

Di situ gue ngerasa sedih. (oke, gue alay -.-)

Dari sini apa sih yang lo simpulkan? Kalo gue pribadi gue menyimpulkan kalau: ga semua orang peka tentang bahaya yang bisa kita dapatkan saat berkendara. Nah, sekarang gue tanya. Sadar ga sik kalo saat lo berkendara itu lo bisa membahayakan diri lo atau orang lain?

Menurut survey yang diselenggarakan oleh queenrides, Indonesia itu negara dengan pertumbuhan kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia. Sebuah fakta yang Wow menurut gue. Setiap 1 jam, 3 orang meninggal dunia di jalan akibat kecelakaan, dan dalam tiga tahun terakhir, jumlah pengendara perempuan baik motor maupun mobil meningkat hingga sekitar 42%.Di lain pihak, angka kecelakaan yang melibatkan perempuan bermotor meningkat hingga 49,5% (data Korlantas 2014). Sedih ga sih lo dengernya?
final-facts-02

Sebenernya sih, isu ini bisa banget untuk dijadikan bahan perundingan, mengingat hal ini dapat dikatakan menjadi tanggung jawab sejumlah kementrian dan pihak kepolisian.

Tapi kondisi krisis road safety tersebut luput ditangkap publik secara luas sebagai isu yang krusial.
final-facts-03

Di sini, Queen rides mengadakan sebuah movement bertajuk #womenridesafe

yang berbentuk platform online dan offline untuk perempuan pertama di dunia yang dibangun dengan tujuan memberdayakan perempuan agar sadar pentingnya berkendara aman.
Nah, untuk kamu yang merasa bahwa issue ini penting untuk dibahas, yuk daftar di acara Launching movement #Womenridesafe ya. Caranya mudah, kamu cukup daftar di sini, isi form secara lengkap, dan kamu bisa mendapatkan invitationnya dari Queen rides.
Ini gue share beberapa fakta lagi yang berhasil dikumpulkan oleh queenrides, ya gengs!
final-facts-01
final-facts-04
final-facts-05
final-facts-06
final-facts-07
Nah kan, masih mau sembarangan kalo berkendara di jalan raya?
Buat lo yang penasaran, yuk daftar aja di acara Launchnya tanggal 20 November nanti. Gue juga akan hadir di sana kok. Because I Support WomenRide safe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *