spring

Sayang sekali manusia tidak dapat membangun sebuah bangunan yang diisi dengan semua kenangan yang pernah terjadi dalam hidupnya, menyimpan semua orang yang pernah hadir di dalam kehidupannya, dan menyimpan semua cerita dalam sebuah wadah yang disebut gudang kenangan.

Ah, andai semua itu nyata. Aku duduk bersandar di tepi jalan dengan pepohonan tinggi menjulang yang siap menjatuhkan daunnya kapan saja. Tidak banyak orang berlalu lalang, hanya beberapa orang berjalan santai sambil mendengarkan musik seorang diri, atau bercengkerama sambil berlarian kecil. Sore ini memang sangat indah.

Aku? Aku seorang diri. Berusaha mengumpulkan kembali kenangan di masa lalu yang tidak sempat aku abadikan. Mencari semua kenangan yang mungkin aku lewatkan karena saat itu bukan yang aku inginkan. Andai aku bisa kembali ke masa itu, aku akan dengan tenang mengabadikan semua waktu yang sempat terbuang.

Tidak, aku tidak pernah beranggapan ada waktu yang terbuang sia-sia dalam hidupku. Waktu terbaik adalah menyadari bahwa kesalahan pernah tercipta sebelumnya. Mungkin tidak bagi sebagian orang yang tidak menghargai makna pembelajaran.

Kembali aku berusaha menyusuri semua melodi kenangan yang pernah tercipta dalam kehidupanku. Bagaimana waktu dengan bijaksana membimbingku ke sini, melalui tahapan yang bahkan tidak pernah ada di dalam bayangan kehidupanku di waktu sebelumnya. Mungkin benar kata orang, waktu selalu memberikan jawaban dan solusi terbaik bagi semua manusia.

Pernah ada suatu waktu, aku jatuh cinta. Embun yang menjadi saksi kami berdua menangis seolah meledekku saat itu karena aku berusaha melupakan kenangan itu. Tapi percayalah, aku sama sekali tidak melupakannya.

Sekarang, bantu aku. Aku sedang berusaha membangun gudang memori untuk diriku sendiri. Tidak. Aku bukannya memohon pada pencipta alam untuk membuatku kembali ke masa itu. Aku hanya ingin mengumpulkan semua kenangan itu, selayaknya album foto yang dapat kita buka kapan saja di masa depan, dan  pada saat itu aku dapat dengan bangga mengatakan bahwa aku telah melalui ini semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *